Tuesday, June 7, 2011

Soal PKn Kelas 3 KD 1.1

Satuan Pendidikan     :     ........................
Mata Pelajaran           :     Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester          :     III/1
Standar Kompetensi  :    1. Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
Kompetensi Dasar     :     1.1 Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

Latihan 1
A. Pilih jawaban yang tepat.
1. Makna satu nusa dalam Sumpah Pemuda adalah ....
a. satu tanah air
b. satu bahasa
c. satu suku

2. Bahasa persatuan yang digunakan bangsa Indonesia adalah ....
a. bahasa Melayu
b. bahasa Cina
c. bahasa Indonesia

3. Sumpah Pemuda kali pertama diikrarkan pada ....
a. 17 Agustus 1945
b. 26 Oktober 1928
c. 28 Oktober 1928

4. Berikut merupakan salah satu bentuk rasa bangga menjadi bangsa Indonesia, yaitu ....
a. sering membolos sekolah
b. memilih-milih dalam
berteman
c. rajin dan tekun belajar

5. Jong Celebes adalah perkumpulan pemuda dari daerah ....
a. Sulawesi
b. Sumatra
c. Ambon

6. Tokoh yang menciptakan lagu Indonesia Raya ialah ....
a. C. Simanjuntak
b. Ibu Sud
c. W. R. Supratman

7. Kongres Pemuda II dilaksanakan pada ....
a. 28 Oktober 1928
b. 10 Desember 1945
c. 10 November 1945

8. Berikut termasuk kegiatan ekstrakurikuler yang ada di lingkungan sekolah adalah ....
a. pramuka
b. pemuda pancasila
c. karang taruna

9. Makna Sumpah Pemuda harus dipahami oleh ....
a. para pejuang pendahulu RI
b. seluruh rakyat Indonesia
c. warga negara asing

10. Berikut bukan bekal untuk kamu persiapkan agar cita-citamu tercapai adalah ....
a. ilmu pengetahuan
b. budi pekerti
c. rumah mewah

B. Lengkapi kalimat berikut.
1. Sumpah ... adalah sumpah yang dilakukan oleh para pemuda pada 1928.
2. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa ... sebagai bahasa persatuan.
3. Meskipun pulau-pulau di negara Indonesia tersebar, namun semuanya dibingkai dalam negara ....
4. Bahasa Indonesia sebagai bahasa ... dalam sekolah dan pemerintahan.
5. Dahulu perjuangan para pemuda masih bersifat ... sehingga tidak berhasil mengusir penjajah.

C. Jawab pertanyaan berikut.
1. Kemukakan tujuan Kongres Pemuda I.
2. Tulislah empat organisasi pemuda daerah yang memperjuangkan kemerdekaan negara dan  bangsa Indonesia.
3. Bagaimana perjuangan rakyat Indonesia setelah diikrarkan Sumpah Pemuda?
4. Tulislah manfaat Sumpah Pemuda bagi kalian sebagai siswa.
5. Bagaimana bentuk pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda yang dapat kamu lakukan?


Latihan 2
A. Berilah tanda silang ( x ) pada huruf a, b, atau c di depan jawaban yang benar!
1. Penjajahan mengakibatkan bangsa Indonesia ....
a. bahagia
b. sengsara
c. sejahtera

2. Kongres Pemuda I dilaksanakan tahun ....
a. 1920
b. 1924
c. 1926

3. Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal ....
a. 20 Mei
b. 1 Juni
c. 28 Oktober

4. Persatuan menumbuhkan semangat ....
a. kemenangan
b. kebersamaan
c. kesombongan

5. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah pengamalan isi Sumpah Pemuda yang ....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga

6. Perjuangan para pemuda perlu kita ....
a. teladani
b. cemooh
c. tinggalkan

7. Kita perlu menghindari permusuhan agar tercipta ....
a. pertengkaran
b. pertentangan
c. persatuan

8. Saat upacara pengibaran bendera, kita menyanyikan lagu ...
a. Satu Nusa Satu Bangsa
b. Indonesia Raya
c. Indonesia Merdeka

9. Salah satu contoh perbuatan yang sesuai dengan Sumpah Pemuda adalah ....
a. mengejek teman dari daerah lain
b. memusuhi teman yang tidak kaya
c. saling tolong menolong

10. Kita sebaiknya ... dengan teman dari daerah lain.
a. berteman
b. memusuhi
c. mengancam

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
1. Perjuangan bangsa Indonesia sebelum Kongres Pemuda II masih bersifat ....
2. Tanggal 28 Oktober merupakan hari ....
3. ”Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertanah darah yang satu, tanah Indonesia”. Merupakan salah satu isi Sumpah Pemuda yang ke ....
4. Bangsa kita harus ... agar tidak dapat dijajah oleh bangsa manapun.
5. Bahasa persatuan kita adalah ....

C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Sebutkan perlunya persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia!
2. Sebutkan contoh perilaku yang dapat merusak persatuan dan kesatuan!
3. Apa yang kamu lakukan jika temanmu bertengkar?
4. Tulislah isi “Sumpah Pemuda” dengan benar!
5. Mengapa kita perlu menghargai perbedaan bahasa daerah?

Sumber:
  • Pendidikan kewarganegaraan: menjadi warga negara yang baik 3 : untuk Kelas III Sekolah Dasar /Madrasah Ibtidaiyah/Prayoga Bestari, Ati Sumiati
  • Pendidikan Kewarganegaraan 3 : SD/MI Kelas III/oleh Slamet, Tijan, Edy Santoso, Sumarto, Sri Untari

No comments:

Post a Comment